Follow by Email

Senin, 01 Agustus 2011

Ramadhan dan Kotak Ajaib Bernama Televisi

Ramadhan sudah datang. baunya sudah semerbak wangi tercium. dan saya sebagai umat Muslim tentu menyambutnya dengan suka cita. ketemu lagi dengan bulan penuh bonus pahala dan ampunan. bulan penuh kebaikan. bulan pelatihan self control. bulan yang didalamnya terdapat malam seribu bulan. sejengkal lagi. ya, sejengkal lagi kita, umat muslim masuk ke dalam gerbang kemenangan

dan kotak ajaib bernama televisi pun tak mau kalah untuk berbenah. kalau sebagian besar dari kita membenahi diri dengan menyiapkan jurus2 jitu untuk menghabiskan ramadhan dengan sebanyak banyak kebaikan, tak beda pula dengan kotak ajaib bernama televisi yang juga menyiapkan jurus jurus jitu untuk mengumpulkan pundi pundi pendapatan iklan.

mulai dari sinetron special ramadhan, acara sahur rame2, ngabuburit, bahkan yang paling geli adlh Take Me Out special ramadhan.... hihihiih..... ada lagi gak yah???

sinetron special ramadhan..
apa yang berbeda dari sinetron ramadhan...? khususnya sinetron striping... sepertinya masih tetap ada peran protagonis antagonis, masih ada si baik sekali dan si jahat sekali. secara alur cerita paling ya begitu begitu aja, bahkan penataan musiknya juga masih sama *tadi denger dikit2 pas budhe nye tel KCB the striping di R**I*. dan soal timing, hmm... bakda buka sampe menjelang tidur adalah prime time untuk sinetron ramadhan, hampir di semua stasiun televisi, heemmm.... kapan tarawihnye ibuk ibuk...

menikmati sahur jaman saya kecil adalah dengan terkantuk kantuk. lain hal dengan sekarang, sahur bisa sambil ngakak tertawa liat aksi komedian2 yang tersebar di hampir semua stasiun TV pada saat sahur. beberapa dilengkapi dengan kuis berhadiah motor pula. wuiiihhh.... siapa yang gak ngiler...?? nah, jadilah selama ramadhan kita jadi aktif banget nonton acara beginian. padahal timingnya itu lho..... itu kan timing yang bagus untuk sahur dan aktivitas ibadah lain yang rasanya akan lebih bermakna dalam bulan ramadhan ini (bc: QL)

belum lagi acara ngabuburit yang paling2 masih sama dengan tahun lalu. masih mengusung band2 yang rame2 latah juga bikin album religi. hemm.... gak boleh yah saya ngatain mereka latah?? oh iya kalo latah kan keterusan. kalo ini kan sekali2 saja mereka bikinnya. habis itu enggak lagi biasanya.

hadeuuuhh... kalo mo diitung2 lagi sih, kotak ajaib bernama televisi itu memang menawarkan segudang tontonan special ramadhan yang dalihnya (dan semoga benar) untuk mempertebal keimanan kita selama bulan ramadhan. dan semua yang special2 itu akan selesai begitu lebaran tiba, ya semuanya LEBAR.. BUBAR.. yang terpenting, hikmah ramadhan yang kita dapat jangan sampai hanya sebatas 'special ramadhan' seperti yang diusung si kotak ajaib itu. semoga selepas ramadhan, iman kita tetap -dan atau semakin- tebal, syukur kita bertambah, dan self control kita semakin terlatih.... semoga ramadhan kali ini mempertebal keimanan kita kepada Allah, menjadi refleksi penghambaan kita kepadaNya dan menjadi meteran untuk mengukur sejauh mana kita mencintaiNya.

Allahumma Amiiin.


NB. semoga m**roTV masih menayangkan acara special ramadhannya bersama Bp. Quraish Shihab di Al Misbah, dan semoga timing Islam KTP di SC*Vgak terlalu mepet dengan sholat subuh...

1 komentar:

  1. Tapi sayang ya, tayangan islami di tv pd momentum ramdhan selalu terjebak pd komersialisasi industri pertelevisian. apalgi bnyak yg mndadak jdi islami, dn pasca ramdhan, kmbali lg deh dgn kbiasaan sbelumnya. kcuali tafsir al misbahnya, gokil buat pnhetahuan dah. sukses. lam kenal.Tapi sayang ya, tayangan islami di tv pd momentum ramdhan selalu terjebak pd komersialisasi industri pertelevisian. apalgi bnyak yg mndadak jdi islami, dn pasca ramdhan, kmbali lg deh dgn kbiasaan sbelumnya. kcuali tafsir al misbahnya, gokil buat pnhetahuan dah. sukses. lam kenal.

    BalasHapus

Author

authorBanyuwangi the Sunrise of Java, Indonesia jalan - jalan, berbagi ilmu, berbagi pengalaman, karena dengan menulis kita belajar.
Learn More ?



Pengikut